Membuat blog yang unik

15 July 2010 by rangeradith

http://1.bp.blogspot.com/_O-jNuGFNKHk/S_2tQ_iq7jI/AAAAAAAAA10/Pq4L_6zthPI/s400/Blogger.jpg

Mungkin ratusan juta blog di dunia saat ini, ada puluhan juta yang berbahasa Indonesia. Supaya blog Anda dilirik, salah satu cara adalah dengan menjadi unik. Kenapa harus unik? Karena dengan menjadi unik Anda menjadi berbeda. Dan jika berbeda, peluang Anda untuk diperhatikan akan lebih besar.

Bagaimana agar menjadi blogger yang unik? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Pilih nama blog yang unik

Nama unik bisa nama sendiri, terutama jika nama Anda tidak tergolong ‘pasaran’. Namun bisa juga Anda memilih nama lain yang secara otomatis membuat orang penasaran. Salah satu nama yang menurut aku tergolong unik adalah ‘rangeradith‘.

2. Gaya penulisan

Umumnya blogger menulis dengan gaya bertutur, mengambil sudut pandang orang pertama, yang ditandai dengan munculnya kata ’saya’ atau ‘aku’ atau ‘gue’. Supaya menjadi unik, Anda bisa memilih pendekatan yang berbeda. Misalnya dengan mengambil sudut pandang orang ketiga. Jadi posting akan muncul layaknya cerita pendek. Beberapa blog di blogdetik yang kerap mengambil pendekatan ini adalah mataharitimoer dan rumahkayu.

3. Menjadi karakter

Salah satu cara menjadi unik adalah menciptakan karakter sebagai pemilik blog. Misalnya di blogdetik ada blog milik (atau ditulis oleh) alien, nenek sihir atau hantu. Jika diupdate teratur, blog dengan sudut pandang ‘karakter fiksi’ ini akan menarik perhatian. Bahkan pembaca bisa penasaran dan mencari tau siapa tokoh di balik karakter aneh itu.

4. Opini

Cara termudah untuk menjadi unik adalah dengan membagi opini Anda. Tentu saja sebaiknya opini Anda itu berbeda dengan yang kebanyakan. Supaya tidak terkesan asal bunyi, sebaiknya opini itu didasarkan pada pemikiran yang logis dan masuk akal. Cara penyampaian juga bisa menjadikan blog Anda unik. Terutama jika Anda bisa memilih sudut pandang yang tidak lazim. Salah satu blog di blogdetik yang kental dengan nuansa opini yang tajam, kritis dan berbobot adalah padiemas.

5. Original

Anda akan mudah menjadi unik jika ide yang disajikan itu original. Atau setidaknya belum ada yang memulai. Atau bisa saja Anda memilih celah dari satu topik besar, dan celah itu belum banyak diulas.

6. Disain blog

Keunikan bisa ditentukan oleh penampilan. Jika disain blog Anda berbeda dengan yang lain, akan memudahkan Anda menjadi unik. Salah satu contoh disain yang (menurut aku) unik adalah blog milik suamimalas, yakni anakkrim yang template-nya mirip dengan tampilan detikdotcom. Sebelumnya blog milik reza itu mirip dengan halaman depan facebook.

Mengatur disain yang sesuka hati hanya dimungkinkan jika Anda menggunakan blog berdomain sendiri. Jika ngeblog di platform gratisan seperti blogdetik, Anda hanya bisa menggunakan pilihan theme yang disediakan. Namun bukan berarti Ada tidak bisa menjadi unik jika ngeblog di blogdetik. Karena banyak theme bagus yang masih jarang digunakan (misalnya theme yang digunakan blog ini, hehehe). Theme bagus yang jarang dipilih akan membuat blog Anda terlihat unik.

Ada masih banyak lagi cara menjadi unik, namun yang penting-penting dan mudah dilakukan kayaknya yang ini….

sumber : http://sukangeblog.blogdetik.com/

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

manajemen kelas

DINUL ISLAM DAN RUANG LINGKUPNYA